Selasa, 12 Desember 2017

MAKNA SKS (Satuan Kredit Semester)



Makna SKS (Satuan Kredit Semester)
          
  SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. SKS sendiri adalah satuan “bobot” studi di setiap mata kuliah. Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS yang berbeda-beda. Satu mata kuliah biasanya “berbobot” 2-3 SKS. Bagi mahasiswa, SKS pasti bukan suatu hal yang asing lagi. Namun demikian, tidak semua mahasiswa memahami arti atau makna SKS tersebut. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan makna SKS berdasarkan penjelasan di kelas saat perkuliahan Psikologi Belajar Matematika tanggal 7 Oktober 2017 oleh Dr. Endah Retnowati, Ph. D. Berikut adalah penjelasan beliau.
1 SKS  = 3 x 50 menit = 150 menit
Sehingga apabila 1 mata kuliah memiliki beban 2 SKS artinya:
2 x 50 menit    = 100 menit     : digunakan untuk pertemuan tatap muka di kelas, diskusi, dll.
2 x 50 menit    = 100 menit     : kerja terstruktur (membaca bahan perkuliahan, mengerjakan tugas).
2 x 50 menit    = 100 menit     : belajar mandiri (eksplorasi kemampuan diri sendiri).
2 SKS berarti: 2 x 150 menit = 300 menit = 5 jam
Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam satu minggu, mata kuliah 2 SKS memiliki waktu belajar sebanyak 5 jam.
Dengan demikian, apabila dalam satu semester ada 12 SKS maka banyaknya waktu untuk belajar: 12 x 150 menit = 1800 menit = 30 jam.
Satu minggu memiliki 5 hari kerja, maka dalam satu hari diharapkan dapat belajar selama 6 jam per hari yang diluar jam makan, sosialisasi, kerja, dll. Dengan kata lain jika belajar mulai pukul 7 pagi maka selesainya pukul 5 sore. Sehingga harus kuliah dan tidak hanya masuk di dalam kelas, tatapi juga harus bisa membedakan mana yang belajar dan mana yang sosialisasi. Istilah lainnya adalah work hard atau play hard. Apabila jam belajar kita terkadang diabaikan atau kita gunakan untuk kegiatan selain belajar maka konsekuensinya harus mengganti jam belajar lain untuk belajar.

Referensi
https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/sks-dan-krs-itu-apa-sih
Rekaman perkuliahan Psikologi Belajar Matematika S2 yang diampu oleh Ibu Endah Retnowati, Ph. D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LoA (Law of Attraction)

  LoA ( Law of Attraction )   Law of Attraction adalah hukum tarik menarik. Kita menarik sesuatu yang menurut kita sesuai dengan diri k...